Monday, September 11, 2017

Tips Membeli Rumah & Property

Tips Membeli Rumah & Property Paling Tepat
Tips Membeli Rumah & Property 
Membeli rumah bukan perkara gampang. Selera, minat, safety dan budget adalah pertimbangan utama. Banyak rumah dijual yang sesuai budget, tapi kondisinya tidak memenuhi selera anda. Banyak rumah yang sesuai dengan minat dan selera anda, namun budget yang anda miliki tidak cukup. banyak rumah yang sesuai dengan selera dan budget anda, namun unsur safety tidak menjamin. Buat apa anda punya rumah bagus dan sesuai dengan selera anda kalau tiap detik anda merasa was-was takut kemalingan, takut anak anda pergi ke sekolah tidak merasa aman. Lingkungan sekitar rumah perlu anda pertimbangkan juga, agar rasa aman dan nyaman bisa diperoleh oleh anda dan keluarga. Di bawah ini ada beberapa tips dalam membeli rumah dan property:



1. Sesuaikan minat dan budget anda dalam membeli rumah. Jangan membeli rumah karena minat anda sangat tinggi terhadap sebuah rumah, namun budget anda tidak mencukupi. Hindarkan membeli rumah yang berakibat anda pusing 7 kelililng karena uang di tangan sudah habis, sementara rumah yang anda beli belum lunas. Lebih baik punya rumah secara lunas meski 70 % sesuai dengan minat anda. 30% bisa anda rehab dan perbaiki sambil anda tempati, sehingga menjadi rumah ideal anda.

2. Jika rumah yang akan anda beli ternyata membuat anda "kesengsem", sementara duit anda terbatas, usahakan anda menabung terlebih dahulu sampai uang anda mencukupi. Pinjam ke lembaga keuangan bisa juga, namun jangan sampai menghabiskan gaji anda. Bisa nyicil ke bank, tapi gak bisa makan anak-istri...hahahhaa...celaka.

3. Cari rumah yang sudah memiliki legalitas seperti sudah bersertifikat/SHM, agar anda merasa tentram bahwa rumah tersebut tidak dalam sengketa dengan pemerintah, tidak melanggar IMB, maupun amdal. Anda cukup melakukan BBN ke notaris terdekat.

4. Jika anda punya anak kecil, hindarkan membeli rumah dekat dengan sungai atau ada kolamnya yang dalam. Hal ini untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan kepada anak anda. Adakalanya anda lengah atau tertidur, sementara anak anda bermain dekat dengan sungai atau kolam. Jika memang rumah dekat kolam atau sungai adalah idaman anda, maka hal yang pasti anda harus memiliki pembantu/baby sitter untuk menjaga anak anda 24 jam.

5. Beli rumah yang susunan dan desainnya tidak rumit atau terkesan mubazir. Pilih rumah yang ruangannya komplit meski sederhana: kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, gudang, garasi dan halaman hijau.

6. Jangan beli rumah dekat tebing yang mudah longsor, pinggir laut atau di puncak gunung karena selain membuat anda merasa mencekam setiap hari, juga kalau mau dijual kembali bakalan susah. Apalagi kalau anda beli rumah di pinggir neraka, siapa yang mau....nglantur.

Cukup sekian Tips membeli rumah & property bagi anda, semoga bermanfaat dan tidak membuat anda bingung. Jangan lupa baca pula postingan sebelumnya tentang: Rumah Kost Dekat Kampus Unsil Tasikmalaya di blog ini.

No comments: